Sabtu, 28 Januari 2017

[BLOGTOUR & GIVEAWAY] Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang - Gina Gabrielle



 Judul : Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
Penulis : Gina Gabrielle
Tahun terbit : 2016
Cetakan : Pertama
Tebal : 223 hlm
Kategori : Novel Fairytale
IBSN : 978 – 602 – 74865 – 0 – 8


Blurb:

"Konon katanya, pada suatu tidur, kau bisa sampai ke suatu tempat yang disebut Ujung Pelangi. Di sana ada seorang gadis dengan wajah tertutup cadar yang akan menenunkan Mimpi untukmu...”

Seorang pria dengan Hati luka melihat kertas terbang dalam Mimpinya. Ia mengikuti arah kertas tersebut terbang, dan sampai ke Lembah Es. Ia menyangka Hatinya akan sembuh, namun ternyata Lembah Es hanyalah tempat untuk mendinginkan Hati.
Di lain tempat, tanpa ia ketahui, langit memar. Dunia terancam hancur, dan pria itulah yang dipilih untuk menyelamatkannya. 
Tapi, karena tidak sanggup lagi menanggung sakit, ia memutuskan untuk selama-lamanya membekukan Hati di Lembah Es.
Lalu langit pun retak, dan hendak runtuh.

***

Diiringi dengan sajak-sajak yang menghangatkan Hati, kisah ini akan membawamu dalam perjalanan untuk menjadi sembuh—dan mengubah dunia, entah bagaimana caranya.

***

“Tuan, jangan mengandalkan mata dan telingamu saja, tapi biarlah jiwamu yang melihat dan mendengar.”
Hlm. 83

Selamat datang di dunia mimpi. Di suatu tempat yang bernama Ujung Pelangi, kalian akan menemukannya. Seorang gadis bercadar yang siap menenunkan mimpi untuk kalian. Bagaimana kalau kita sepakat untuk memanggilnya Gadis Penenun Mimpi, saja?

Ada empat bahan yang dibutuhkan untuk menenun mimpi. Pertama, kalian membutuhkan Benang Perasaan. Warna Keajaiban, itu adalah bahan yang kedua. Ketiga, bahan yang bisa kalian dapatkan dengan mudah, yakni Kegigihan. Dan terakhir, aku tidak yakin apakah kalian bisa memenuhi bahan keempat ini, karena kalian harus rela mengorbankan hati dan perasaan kalian untuk menenun mimpi. Dan hebatnya, Gadis Penenun Mimpi kita berhasil melakukan itu berkali-kali. Mengorbankan hatinya untuk bisa menenun mimpi. Untuk bisa menolong orang yang tengah menyandang luka di Hatinya.

Di tempat lain, seorang pengelana bersama seekor burung bernama Kol. Ibri tengah dalam petualangan untuk menuntaskan satu misi. Dalam perjalanan, beberapa tempat mereka singgahi, mulai dari Negeri Bawah Danau, Istana Masa Kini, hingga Kastil Masa Lalu. Perjalanan itu juga mempertemukan mereka dengan beberapa orang. Seorang gadis yang harus menanggung bebab hidup akibat peristiwa masa lalu, dan seorang pemuda yang diyakini sebagai Manusia Bintang.

Namun, dalam perjalanan demi menuntaskan suatu misi tersebut, datang berita buruk. Dunia mimpi nyaris hancur. Awan bergemuruh, dan langit mulai retak. Dan mereka harus bergerak cepat, sebelum kehancuran meluluhlantakkan semuanya…

Sekali lagi, selamat datang di Dunia Mimpi…

***


“Dalam setiap keputusan yang diambil, ada takdir yang dibentuk. Dan mungkin, hanya mungkin, di saat kita melupakan masalah kita sendiri dan menolong orang lain yang mengalami kesusahan, sebenarnya kita juga tengah menolong diri sendiri.
Biar bagaimana pun juga, di dunia ini ada hukum-hukum yang cara kerjanya kurang bisa dipahami oleh akal pikiran.
Apakah kau percaya?”
Hlm. 112

Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang adalah sebuah novel fairytale, sekaligus menjadi novel debut dari seorang penulis bernama Gina Gabrielle. Baik, untuk mempermudah, kita sebut GPM saja. Meski diterbitkan secara self publishing, namun kualitas cerita yang ditawarkan penulis dalam novelnya ini bisa dibilang bukan main-main. Penulis berbakat bisa menerbitkan buku di mana saja. Dengan hadirnya GPM di kalangan pembaca dan dengan sambutan-sambutan positif yang menyertainya, rupanya berhasil menggeser asumsi publik yang selama ini banyak beranggapan bahwa buku yang lahir bukan dari penerbit mayor tidak terjamin kualitasnya. GPM memang murni bukan dari penerbit mayor atau penerbit besar, namun berkat skill dan kemampuan bertutur dari penulis, rupanya berhasil membawa buku ini tembus ke display Gramedia seluruh Indonesia. Hebat, bukan? Aku berharap sekali penerbit besar di luar sana lebih juga turut mendukung para penulis pemula yang bisa saja memiliki kualitas baik sama seperti penulis yang sudah ‘besar’ lainnya. Gina Gabrielle, misalnya.

Dalam usia 18 tahun, membaca sebuah novel fairytale bukanlah sebuah hal yang aneh. Dalam novel GPM, dongeng yang disajikan tidak mengarah kepada dongeng kekanakan yang memiliki jalan cerita sederhana atau yang bisa ditebak dengan mudah endingnya. Jika boleh, aku ingin menyebut GPM sebagai sebuah novel dongeng yang dewasa. Dewasa bukan dalam artian mempertontonkan adegan-adegan vulgar dan sebagainya. Namun dalam artian, memiliki jalan dan rangkaian cerita yang bisa dinikmati oleh kalangan remaja ke atas tanpa perlu mempermasalahkan soal batasan usia.

Membaca GPM membuatku merasakan dua hal yang begitu istimewa. Pertama, aku bisa merasakan fantasi yang luar biasa yang terbangun di imajinasiku. Setiap membacanya, otakku diajak untuk berfantasi ria menggambarkan adegan demi adegan, tempat demi tempat yang dikisahkan di sana. Aku lebih suka menyebut bahwa buku ini benar-benar membawa kita ke sebuah negeri dongeng yang indah. Semua digambarkan dengan begitu visual dan membuat pembaca terlena untuk turut merasakan hidup bersama para tokohnya. Aku pribadi cukup salut dengan begitu liarnya fantasi yang dimiliki penulis dalam kisah ini. Semua tokohnya benar-benar mampu menghidupkan cerita dan suasana di dalamnya.  And now, I just know that Gina Gabrielle is a good storyteller!

Kedua, aku merasa bahwa buku ini memiliki sihir. Oops, how come? Ok, I will tell you the magic one!  Perlu kalian ketahui, selain menyajikan ‘pemandangan’ indah ala negeri dongeng, penulis juga turut menyelipkan banyak kalimat puitis di beberapa narasinya. Otomatis, membuat buku ini kaya akan estetika dan bahasa. Begitu pula dengan bait-bait puisi yang tersemat di setiap awal bab, yang sangat membuncahkan perasaan pembaca. Yeah, that’s the magic what I mean before! Semakin sering ‘sihir’ itu kita temukan di setiap bab,maka semakin besar pula kita terlena untuk tidak melepaskan buku ini dalam sekejap.

Jika dilihat dari alur, aku memang tidak tahu pasti apakah setiap adegan di dalamnya memiliki alur maju, mundur, di masa sekarang, atau masa lalu, atau bahkan dalam dunia mimpi. Semuanya yang diceritakan benar-benar fiksi dan susah dijelaskan secara logis.  Memang, aku rasa baca novel ini tidak perlu memakai logika. Ikuti saja keindahan jalan ceritanya. Salah satu kuncinya, yang penting kita nyaman. Itu keyakinan yang aku tanamkan selama membaca buku ini.

Terakhir, aku hanya ingin berpesan kepada penulis. Tingkatkan, atau minimal pertahankan. Kesan yang pembaca dapatkan ketika membaca buku pertama Kak Gina memang sangat bagus. Jadi hal ini tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk meminta sesuatu yang lebih—entah itu dibuku kedua kakak atau yang lain. Dan aku harap, fantasi dan imajinasi kita bisa terbang bersama lagi. Ke negeri dongeng yang lain, mungkin?

Sebagai tipe pembaca yang jarang baca novel fairytale, ketahuilah, Gadis Penenun Mimpi ini sangat membekas di hati…

“Hati hanya punya satu keinginan, yaitu untuk bebas merasa.”
Hlm. 6

G I V E A W A Y


Halo! Sudah baca review yang ada di blog Kak Ken juga (disini) ? Kalau sudah, aku dan Kak Ken punya 1 EKS NOVEL Gadis Penenun Mimpi nih untuk kamu yang beruntung! Mau? Yuk ikutan Giveaway #GPMPhotoChallenge dengan baca rules di bawah ini:

1.       Memiliki alamat kirim di Indonesia
2. WAJIB Follow akun kak Gina Gabrielle (@msginagabrielle) dan ICC Publisher (@ICCPublisher). OPSIONAL  jika ingin follow akun saya (@Bintang_Ach) dan Kak Ken (@orion____)
3.     Follow blog saya via Google Friend Connect (GFC). 
4.       Download file berisi cover GPM berikut ini : DI SINI
5. Kamu bisa mencetak (printcover-nya, bisa juga memasang cover GPM di handphone/tab/note/laptop. Lalu fotolah cover tersebut sekreatif mungkin. Pokoknya sebebas dan sekreatif mungkin ya, gak ada format tertentu di foto yang kalian buat. Bisa selfie, bisa juga difoto bersama merchs dan aksesori yang kalian punya.
6.  Share link giveaway dari blog Bintang dan Ken di Twitter-mu dengan masing-masing mencantumkan hasil photo challenge kalian. Jadi kalian twit 2 kali ya. Satunya link blognya Kak Ken, dan satu lagi link blogku. Yang jelas, masing-masing dicantumin hasil photo challenge-nya. Gunakan hastag #GPMPhotoChallenge dan tag/mention kak Gina serta ICC Publisher pada twit kamu. [ Tidak perlu tag/mention saya dan Kak Ken.]  

Contoh tweet share GA + photo challenge:

“Yuk ikutan Giveaway Gadis Penenun Mimpi #GPMPhotoChallenge di blog ini >> (link giveaway dari blog Bintang/Ken) @msginagabrielle @ICCPublisher. (link foto yang kalian buat)

*Format tweet tidak harus sama dengan yang di atas ya*

7.  Setelah share di Twitter, copy link-nya dan masukkan ke kolom komentar kami. *PS: Untuk masukin komentarnya, pilih disalah satu blog saja, tidak keduanya. Mau ke kolom komentar ke blog aku atau Kak Ken (DI SINI) terserah. *
8.       Deadline pengiriman foto adalah tanggal 6 Februari 2017 [DIPERPANJANG]. Pengumuman pemenang SECEPATNYA!
9.  WARNING: NO GIVEAWAY ACCOUNT AND NO CHEAT! Satu orang hanya bisa mengirimkan satu foto, jadi kirimkan foto terbaikmu :D
10.  Silakan hubungi aku dan Kak Ken via twitter untuk segala bentuk pertanyaan berkaitan dengan giveaway ini.
11.    *PS:  Ini kesempatan terakhir looohh!


12 komentar:

  1. kece badai bukunya.. siap kak

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ralat link. Ini link share di twitterku yang bener hashtagnya. hehe. semoga dapet bukunyaa.. https://twitter.com/I_Pe_Es/status/826698956243496961

    BalasHapus
  4. Link share: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/827101042282110976
    Maaf saya follow blog ini via tombol G+ , krn lewat hp susah menemukan tombol GFC blog nya. Thx. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn deadline bertambah jd berhazil follow lewat GFC, mkpn ga yakin menang hehe :)

      Hapus
  5. Link share:https://twitter.com/nikmalabdul/status/827504564966264832

    BalasHapus
  6. Bety Kusumawardhani2/03/2017 8:37 PM

    https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/827466632251404289?p=v

    BalasHapus
  7. https://twitter.com/Kikii_Rye/status/827531552204607489

    BalasHapus
  8. Link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/828622922143051778

    BalasHapus
  9. Link: https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/828641676935565313

    BalasHapus
  10. sampun melu haha.
    link: https://twitter.com/richoiko/status/828644570464268289

    BalasHapus
  11. https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/828641676935565313

    Sebelumnya udah aku input ya link nya kok gak ada ya?

    BalasHapus