Jumat, 14 April 2017

[BBI HUT 6] Cari Tahu Yuk 6 Fakta Menarikku bersama Buku!




Halo, masih dalam rangka memeringati hari jadi BBI yang keenam tahun! Sama seperti hari-hari sebelumnya, aku akan kembali melanjutkan posting marathon. Dan di hari kelima ini, aku telah mengambil tema yaitu ‘Tips dan/ Pengalaman Seorang Pembaca.’ Lalu, artikel tentang apa yang akan aku sajikan dalam tema kali ini? Yup, akan ada ‘6 Fakta Menarikku bersama Buku!’ yang bisa kalian baca.

Saat membaca sebuah buku, terkadang kita tidak hanya sebatas membaca sekilas saja. Dari awal sampai akhir pasti ada satu dua kesan/kejadian menarik yang kadang tidak bisa kita lupakan. Entah itu datang dari dalam cerita di buku itu sendiri, atau mungkin datang dari sekeliling kita. Sama sepertiku, di bawah ini akan aku menceritakan kepada kalian semua tentang beberapa fakta dan pengalaman menarikku saat membaca buku atau hal menarik lainnya yang aku alami bersama buku.

So, let’s see!


     1.     Setelah Membaca Novel ‘Gerbang Dialog Danur’, Sempat Terbesit Keinginan untuk Memiliki Teman Hantu.

Pengalaman menarik pertama datang dari novel Gerbang Dialog Danur karya Risa Saraswati. Dalam novel tersebut, Risa memang banyak bercerita tentang kedekatannya yang sangat harmonis dengan teman-temannya yang sangat tidak biasa, yaitu hantu belanda. Namun anehnya, aku justru merasa tertarik untuk mengalami hal serupa seperti yang Risa alami, yaitu memiliki teman hantu. Entah ini waras atau tidak, tapi yang jelas keinginanku tersebut masih ada sampai sekarang, huhuu.


       2.     Novel ‘Kali Kedua’ Disita oleh Tim Tata Tertib di Sekolah

Pengalaman menarik kedua datang dari novel karangan Ainun Nufus, yaitu Kali Kedua. Novel yang diadaptasi dari wattpad dan yang aku dapat guna event blogtour tersebut, kini sudah tidak menempati rak bukuku lagi. Jadi begini ceritanya, saat itu ada teman sekelasku yang meminjam novel ini dan membacanya. Namun sayangnya, dia membacanya pas jam pelajaran sedang berlangsung. Alhasil, guru yang mengajar saat itu mengetahui apa yang dilakukan temanku tersebut dan dengan cepat beliau mengambil paksa novel Kali Kedua. Kabar terakhir yang terdengar, Kali Kedua sekarang sedang diamankan oleh Tim Tata Tertib Sekolah, huhuu. Untung saat itu keadaannya sudah lewat jauh dari event blogtour.

     3.     Novel ‘Hujan’ adalah Novel dengan Tebal 300 an Halaman yang Berhasil dibaca dalam Waktu Kurang dari 24 Jam

Meski tebalnya lebih dari 300 halaman, namun rupanya aku tidak memerlukan waktu lebih dari 24 jam untuk menyelesaikan membaca novel Hujan dari Tere Liye.  Didukung dengan seting futuristic yang kental dan detil, aku benar-benar nggak bisa melepaskan buku ini lebih dari 30 menit. Hampir tidak ada kegiatan berarti yang aku lakukan hari itu, kecuali membaca novel ini. Perjuangan satu hari penuh tersebut pun rupanya juga tidak sia-sia. Karena memang ending-nya sangat membuatku kegirangan. Tak heran apabila novel ini aku sebut-sebut sebagai salah satu novel terbaik yang aku baca tahun lalu.

      4.      ‘Tiger on My Bed’ dari Christian Simamora Menjadi Novel yang Paling Sering dipinjam oleh Teman Sekelas. You Know Why?

Sepertinya aku nggak perlu jelasin kenapa novel Tiger on My Bed jadi novel yang paling laris dipinjam sama teman sekelas. Sekarang saja, novel itu sedang berada di salah satu rumah temanku. Novel ini paling sering dipinjam karena memang aku promosinya ke teman-teman sekelas kenceng banget. Hal terpenting yang tentunya tidak aku lewatkan setiap bercerita ke mereka adalah; bahwa ini adalah novel dewasa dan banyak sekali ‘hawt scenes’ di dalamnya. Reaksi mereka saat itu tentu saja kaget, dan pastinya langsung bilang gini; ‘sini deh, aku pinjem dulu’ kalau nggak gitu ya begini; ‘besok bawa ya novelnya, aku mau baca!’. HAHA in aja ya, kan?

     5.     Pernah dikerubutin Sama Teman Sekelas Gara-Gara Baca Bagian Adult Scene di Novel Critical Eleven dengan Suara Keras

Saat membaca novel Critical Eleven, apalagi pas masuk bagian adult scene, aku memang sedang berada di dalam kelas. Saat itu jam kosong, dan aku memutuskan untuk ngelanjutin saja baca novel itu. Di luar dugaan, ternyata bagian yang aku baca menjurus ke adegan yang *sensor*. Dan karena ingin narik perhatian temen-temenku yang lagi pada sibuk sendiri, aku baca aja bagian itu dengan keras. Alhasil, satu kelas pun mendengar itu, dan sebagian besar—anak cowok tentunya—pada ketawa sambil kepo deketin novel yang aku baca. Dan kalian tahu nggak apa yang terjadi setelahnya? Belum selesai aku rampungin bagian itu, mereka udah rampas novel itu dari tanganku. Hahaha.

       6.     Pernah Mengalami Kejadian Menyeramkan Setelah Baca Novel ‘Maddah’ dari Risa Saraswati.

Pengalaman dan fakta menarik yang terakhir kembali datang dari novel Risa Saraswati. Maddah menjadi buku pertama dari Risa yang aku baca. Novel tersebut aku pinjam dari seorang kakak kelas yang kebetulan juga menggemari buku Risa, sama sepertiku. Ceritanya, saat mau tidur di malam hari, aku sengaja baca satu bab dari novel Maddah. Lalu, setelah aku memejamkan mata selama beberapa menit, tiba-tiba aku dikagetkan dengan sesuatu. Sebuah telapak tangan putih seakan menampar wajahku dari arah depan dengan keras, dan berhasil membuatku bangun dengan jantung yang berdebar kencang sekali.  Aku tidak ingin sepenuhnya percaya jika kejadian tersebut adalah akibat dari membaca Maddah sebelum tidur. Mungkin saja itu terjadi karna aku kurang mampu menjaga diri dengan baik dari dalam, terutama berdoa.

Nah teman, itu tadi adalah 6 pengalaman dan fakta menarikku bersama buku. Kalau kalian, ada tidak pengalaman menarik lainnya? Kalau ada, yuk share cerita kalian ke kolom komentar. Aku tunggu loh! Makasih ~

*PS: Jangan lupa juga untuk berkunjung ke artikel-artikel yang aku tulis dalam rangka BBI HUT 6 berikut ini:

5.     Cari Tahu Yuk 6 Fakta Menarikku bersama Buku!


14 komentar:

  1. Aku jarang baca novel di kampus, soalnya nggak bisa baca sambil bobok cantik selonjoran dengan teh hijau hangat di samping kasur wkwk.
    Wah, baik banget ya bintang mau minjemin novel ke teman2 sekelas (sampe ada yg disita). Aku mah minjemin novel paling ke teman satu geng doang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya supaya mereka juga pada demen baca sih, makanya ya kupinjemin. Cpcpcp, sepertinya kk wenny harus mulai mengubah kebiasaan buruknya, whahahaha.

      Duh, mau baca buku aja gayanya harus kayak ratu gitu ya? Wkwkwk

      Hapus
    2. Tapi... tapi... kadang yg minjem suka ga tanggung jawab gitu. Harry potterku pernah dihilangin orang dan sejak itu aku jadi pelit :(

      Yes Im a queen yeah

      Hapus
    3. Hmm pantesan, lagian tu orang gak bertanggungjawab banget ya, cpcpcp.

      Yeah, okelah, you're a queen :D

      Hapus
  2. Jadi inget novel Hujanku yang sekarang entah dimana. Yg minjemnya gak ada kabar. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh HUJAN, kembalilaaahhh... hahahaha

      Hapus
  3. Kamu baca novel di kelas ga pernah disita ya? Asik ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku ngga pernah. Memang kakak pernah? Hehe

      Hapus
  4. Menurutku novel ‘Tiger on My Bed’ dari Christian Simamora terlalu 'berat' dibaca untuk anak sekolah, hehehe..jadi aku gak masukin buku-bukunya Bang Ino di perpus sekolah meski aku penggemar keras buku-bukunya Bang Ino :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha seharusnya yang bagus memang seperti itu Mba. Tapi tahu sendiri kan, la wong saya ini juga nakal, hahahaha.

      Hapus
  5. Kok kayaknya nggak ngambek novel disita gara-gara orang lain? Baik banget. :")
    Btw, aku aja belum baca Tiger on My Bed. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya juga bete kak pas tau disita, tapi ya ngga marah2 amat lah. yaudah biarin aja, yang penting aku uda baca hehe.

      Wahh berarti kk fifah kalah sama aku wkwkwk

      Hapus
  6. Sesungguhnya saya belum pernah baca novel-novel di atas,
    barangkali ada bbiers yang mau meminjamkan, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. *PENGUMUMAN PENTING BUAT BBI ERS* :D

      Hapus