Selasa, 11 April 2017

[BBI HUT 6] Ini Dia 6 Penulis yang Berhasil Mencuri Perhatianku dalam Kurun Waktu 1 Tahun!


Halo, ketemu lagi dalam posting marathon guna memeringati hari jadi BBI yang keenam!


Sudah hari kedua nih, itu artinya, saatnya aku untuk mempublis artikel yang nggak kalah seru dari kemarin. Oh ya, apakah kalian sudah membaca postingan pertamaku kemarin? Yaitu tentang ‘Kebiasaan Buruk dan Hal-Hal Memalukan yang Pernah dilakukan oleh BBI Ers.’ Jika belum, ayo baca dengan klik DI SINI.

Nah sekarang, aku kembali hadir dengan tema baru, yaitu ‘Author yang Baru dibaca Tahun ini (periode April 2016 – April 2017’. Dan di tema tersebut, aku akan menyajikan sebuah artikel yang berjudul ‘6 Penulis yang Berhasil Mencuri Perhatianku dalam Kurun Waktu 1 Tahun’.

Absolutely, dalam waktu satu tahun belakangan ini, aku banyak sekali membaca buku dari penulis-penulis baru. Yang kumaksud penulis baru di sini, bukan penulis yang baru memulai debutnya, tapi penulis yang bukunya baru aku baca. Dan kalian tahu tidak, dari banyak penulis yang bukunya baru kubaca tersebut, tidak disangka tersangka hampir semua menarik perhatianku. Didukung dengan cara bercerita yang bagus, dan ide cerita yang tidak biasa,  mereka berhasil mencuri perhatianku sebagai pembaca. Jadi, pas aku ingin membagi dan memilih banyak penulis tersebut ke dalam 6 pilihan saja, aku sempat bingung. Tapi setelah dipikir berkali-kali secara matang, akhirnya dapat juga hasilnya.

Siapa yang penasaran? Kira-kira, siapa saja keenam penulis baru yang berhasil mencuri perhatianku dalam kurun waktu 1 tahun ini? Mari kita lihat!


1.     ALEXANDER THIAN


SUMBER:  DI SINI
Jadi, pas bulan April 2016 kemarin, aku berkesempatan untuk baca salah satu buku dari Koh Alex, yaitu Somewhere Only We Know. Awalnya memang sih, aku sempet berhenti baca buku ini pas udah seperempat jalan. Kenapa ya, aku ngerasa kalau not my cup of tea banget. Tapi pas tahu banyak review positif dari para pembaca, aku jadi penasaran untuk kembali membaca buku ini sampai selesai.

Dan kalian tahu apa yang terjadi selanjutnya? Aku benar-benar jatuh cinta dengan setiap cerita di buku ini. Meski menggunakan sudut pandang dari 2 tokoh dengan karakter yang sangat bertolakbelakang, namun aku merasa bahwa kedua tokoh di buku ini benar-benar hidup dan berhasil menghidupkan setiap adegan yang diceritakan. Kedua sudut pandang yang sangat kontras ini memiliki suasana cerita yang juga dibangun dengan perbedaan kuat, sehingga membuat aku sebagai pembaca benar-benar terikat secara emosional dengan setiap adegannya (baca: baper).  Aku sangat kagum dengan Koh Alex yang mampu membelah dirinya menjadi 2 sisi yang sangat bertolakbelakang untuk tokoh di bukunya ini. Sebuah cerita yang benar-benar ditulis dengan hati. Good job!

2.     DIEGO CHRISTIAN


SUMBER:  DI SINI
Jujur, aku sangat tidak menyesal saat tahun lalu aku memilih Kepada Gema sebagai buku yang aku minta saat memenangi Giveaway Hop—btw itu GA HOP dalam rangka HUT 5 BBI loh. Diego Christian berhasil menunjukkan performanya yang begitu ciamik lewat novel barunya ini, setidaknya untukku.

Yang membuat aku tidak tahan untuk bilang ‘WOW’ ke Kepada Gema adalah karena twist yang sangat mengejutkan di ending-nya. Dan bukan hanya masalah twist yang mengejutkan saja, tapi juga salut terhadap kepandaian penulis dalam menyembunyikan twist tersebut di awal. Sehingga, aku sebagai pembaca tidak menduga sedikit pun jika akan ada twist di ending-nya. Dan aku sangat menunggu sekali novel yang sedang ditulis oleh Bang Diego, yang konon katanya bercerita tentang adik Atisha.

3.     NINIT YUNITA


 SUMBER: DI SINI
Lagi, aku dibuat tak berdaya dengan sebuah novel domestic drama. Setelah Critical Eleven-nya Ika Natassa yang kuberi 4 bintang, kali ini aku harus kembali memberi 4 bintang untuk novel Test Pack dari Ninit Yunita. Gilak, novel ini meski tipis, tapi bener-bener bisa mainin perasaan banget.

Ada kalanya kita dibikin ketawa, ada kalanya sedih, dan ada kalanya juga kita gak mau lepasin buku ini sebelum benar-benar selesai. Meski ada beberapa yang mudah tertebak, tapi tetap saja, aku cinta sekali dengan setiap adegan di buku ini. Apalagi insiden HP tertukar itu. Menurutku, meski sebenernya itu biasa dan mainstream banget, tapi hati ini ngerasaainnya luar biasa banget. Daebak!

4.     HABIBBURAHMAN EL SHIRAZY


SUMBER:  DI SINI
Mungkin aku bisa dibilang ‘kasep’ alias telat banget kali ya baru baca bukunya Kang Ebik. Karena sebenarnya Ayat Ayat Cinta sudah populer sejak lebih dari 10 tahun lalu. Tapi  sayangnya aku baru baca tahun kemarin, itu pun pinjam dari perpustakaan sekolah. But, you know what next happen?

Ok ok, sebelum itu, aku mau sedikit bercerita, selama ini aku belum pernah sekali pun menitikkan air mata saat sedang membaca novel. Karena aku tipikal pembaca yang bisa dibilang susah baper saat baca buku (jadi bersyukurlah kalian wahai buku-buku yang bisa bikin aku baper haha). Tapi, saat aku baca Ayat Ayat Cinta, aku ngerasa kalau ceritanya benar-benar masuk hati dan bikin baper abis! Aku akui, memang banyak adegan yang bisa tertebak, sinetronis, dan biasa mungkin ya, tapi pengemasan dan penyampaian ceritanya subhanallah, bikin aku deg-degan sampai-sampai hampir netes air mata ini. Bahasa Jawanya sih, mbrabak. Umm, no words lah pokoknya untuk novel ini! Juaraaakkk!!

5.     ERLIN NATAWIRIA


SUMBER:  DI SINI
Satu lagi penulis lokal yang berhasil menunjukkan performa hebatnya kepadaku, yaitu Erlin Natawiria. Lewat novelnya yang tergabung dalam seri Blue Valley, Lara Miya. Aku akui, memang awalnya novel ini cenderung biasa dan tidak ada hal menonjol yang patut untuk dipamerkan, namun seketika novel ini menjadi sangat menarik saat mengusung konflik yang cenderung mengarah kepada, misteri?

Dari situ, Lara Miya seakan menjadi magnet yang benar-benar tak bisa lepas dariku. Ditambah lagi saat bagaimana penulis menyelesaikan konflik ini, benar-benar hebat. Tokoh yang dikira tidak penting rupanya memiliki peran yang sangat penting dalam penyelesaian konflik. Dan cara yang digunakan dalam menyelesaikan konflik ini benar-benar membuatku suka. Belum lagi twist yang muncul di puncak konfliknya, sungguh di luar dugaan. Duh, Lara Miya memang tipikal novel yang minimal harus diberi 4 bintang.

6.     AKIYOSHI RIKAKO


SUMBER: DI SINI 
Setelah tadi fokus dengan penulis lokal, mari sekarang kita terbang ke Jepang. Di negeri yang terkenal dengan bunga sakuranya tersebut, terdapat seorang penulis yang mampu menggenggam segala isi dunia di tangannya, Akiyoshi Rikako. Aku tidak tahu dari mana aku harus memulai, tapi yang jelas, jika aku memulainya, maka tidak akan ada akhir setelahnya. Karena sejuta kata pun tidak cukup untuk mendeskripsikan begitu hebatnya Akiyoshi ini.

Sebagai penggemar thriller, aku merasa termanjakan sekaligus terkalahkan dengan novelnya, Girls in The Dark. Termanjakan karena GITD memiliki segi penceritaan yang tidak biasa, baru, dan out of the box.  Hal tersebut otomatis membuat puas sebagai penggemar novel thriller. Dan, aku juga merasa terkalahkan. Kenapa? Karena aku tidak bisa ‘melihat’ secara jelas bagaimana akhir cerita ini. Sangat terasa semu sekali, dan aku akui Akiyoshi memang pandai bermain muslihat atau tipu daya. Ntap!

Nah teman, itu tadi adalah 6 penulis yang berhasil mencuri perhatianku dalam kurun waktu 1 tahun belakangan ini. Kalau kalian, adakah penulis-penulis lain yang sekiranya berhasil membuat kalian jatuh hati? Kalau ada, yuk share ke kolom komentar di bawah.

I’ll wait for you comment, and thank you!

*PS: Jangan lupa juga untuk berkunjung ke artikel-artikel yang aku tulis dalam rangka BBI HUT 6 berikut ini:

2.     Ini Dia 6 Penulis yang Berhasil Mencuri Perhatianku dalam Kurun Waktu 1 Tahun!

16 komentar:

  1. pas aku wawancarai kmrn, kamu bilang suka sama ayat2 cinta. aku pikir kamu udah lama baca buku itu lho, ternyata baru aja :))

    BalasHapus
  2. Haha, baru banget kok Kak. Telat ya? Hehe

    BalasHapus
  3. Baru dua yang kukenal, Akiyoshi dan Habiburrahman.. Oke, selanjutnya aku bakal notice penulis lainnya. Semoga ada rezeki bs baca tulisan mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba baca juga buku2 dari empat penulis lain, insyaallah gak akan mengecewakan kok hehe

      Hapus
  4. Yang belum pernah baca, hanya nomer lima, semoga ada jalan bisa membaca karyanya :D

    Btw, AAC itu objek penelitian skripsiku loh :D

    Kalo Lexi aka Alex/ @amrazing, udah follow-followan sejak dia belum terkenal jadi selebtwit kayak sekarang. Coba baca bukunya yang non fiksi, tentang pengalamannya sebagai penjaga konter, seru banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa berkesempatan baca ya Mba.

      AAC saya suka banget loh Mba, nyesel baru baca tahun lalu, hehe.

      Saya juga penasaran dg debut Lexi yang buku nonfiksi itu, semoga saja bisa baca. Tapi saya lebih nagih kalau disuruh baca karya dia yang fiksi sih, soalnya bener2 bagus. Semoga dia nerbitin buku fiksi lagi lah dalam waktu dekat hehe

      Hapus
  5. Akiyoshi Rikako cantik yaaaa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu niss, saya surprise pas pertama kali lihat wajahnya

      Hapus
  6. aku pilih ninit yunita dan akiyoshi rikako. kalo kang abik lama2 ngebosenin.. bukan jenis pengarang yg kamu sanggup baca karya2nya terus menerus menurutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru baca buku Kang Abik tahun lalu sih kak, kita lihat saja gimana ke depannya hehe. Rencana sih pengin baca AAC2

      Hapus
  7. Lahhh. Aku nya jadi penasaran sama buku2 nya ne.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dibaca Kak, dijamin buku2 mereka bagus kok

      Hapus
  8. sdh lama aku gak baca setelah menikah krn disibukan ngurus anak, eh malah keterusan gak baca2. makasih nih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluarga memang harus jadi prioritas utama Mba, semangat terus!

      Hapus
  9. Toss dulu deh! Aku juga demen sama Akiyoshi-sensei! She's a real Queen of Twist!
    Btw, Test Pack itu aku belum pernah baca, tapi sudah pernah nonton filmnya dan asli mengharu-biru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novelnya juga mengharu biru Mba, ada kocaknya juga hehe. Saya malah ngga lihat filmnya

      Hapus